Untuk membuat surat resmi dalam bahasa Inggris tidaklah sulit, dengan catatan Anda sudah menguasai bahasa Inggris. Tapi kalau memang Anda tidak menguasainya, namun terpaksa harus membuat surat resmi berbahasa Inggris maka gunakanlah seorang penerjemah bahasa. Untuk membuat surat bahasa Inggris, Ada beberapa poin yang harus di masukkan kedalam surat tersebut, diantaranya:
- KOP / Kepala Surat
- Nomor Surat
- Perihal
- Kalimat pembuka
- Isi Pokok
- Penutup
- Tanda tangan atau stempael resmi
Format Surat Resmi Bahasa Inggris
[Alamat Tempat tinggal Anda][Bulan, Tanggal, Tahun]
[Kota Tempat Anda tingal]
[Kode POS]
[Nama & Gelar dari Penerima surat (jika tahu)]
[Nama Perusahaan]
[Alamat Perusahaan]
[Kota Perusahaan]
[Kode POS Perusahaan]
Dear…. [“Sirs” jika nama penerima tidak diketahui atau gunakan “Mr/Mrs/Miss Surname” jika nama dari si penerima di ketahui],
[Isi dari suratnya]
Yours [ bisa guanakan: faithfully (tidak Anda kenal) atau sincerely (kalo Anda kenal)],
[Tanda tangan Pengirim]
[Nama Anda]
Contoh Surat Resmi Bahasa Inggris I
Artinya:Pahlawan Street no. 99 South Teluk BetungBandar Lampung, April 1st, 2016
Bandar Lampung, Lampung
34165
Heru Susanto, S.Kom
Maju Terus, Ltd
Soedirman Street no. 56 South Jakarta
Jakarta, Indonesia
12000
Dear Mr. Heru Susanto, S.Kom,
To celebrate the third anniversary of our company, through this letter we invite all managers of Maju Terus, Ltd to attend the last preparation meeting which will be held on:
Day/date : Saturday/ 30th April 2016
Hours : 9 A.M – end
Venue : SHERATON Convention Hall
We hope that you will be able to come because we will take the final decision of our program. Thanks for your nice attention.
Sincerely,
[signature]
Toni Purwanto, S.E
Chairman of the Committee
Jln. Pahlawan no. 99 Teluk Betung SelatanBandar Lampung, 1 April 2016
Bandar Lampung, Lampung
34165
Heru Susanto, S.Kom
PT. Maju Terus
Jln. Soedirman no. 56 Jakarta Selatan
Jakarta, Indonesia
12000
Kepada Mr. Heru Susanto, S.Kom,
Untuk merayakan hari ulang tahun perusahaan kita yang ke-3, melalui surat ini kami ingin mengundang seluruh manajer dari PT. Maju Terus untuk menghadiri pertemuan persiapan terakhir yang akan diselenggarakan pada:
Hari/tanggal : Sabtu/ 30 April 2016
Waktu : 9 pagi – selesai
Tempat : Gedung Pertemuan SHERATON
Kami harap Anda dapat datang karena kita akan mengambil keputusan terakhir dari program kita ini. Terima kasih untuk perhatiannya.
Hormat Kami,
[tanda tangan]
Toni Purwanto, S.E
Ketua Panitia
Contoh Surat Resmi Bahasa Inggris II
Artinya:September 19, 2016Susi Susanti, M.Pd
Joko Susanto
17 Tanjungkarang
Lampung, 34165
Garuda Hotel
195 South Telukbetung
Telukbetung, 14657
Dear Mrs. Susanti,
I am writing to complain about the service I have received from your hotel, Garuda Hotel.
Last week I visited Garuda Hotel with my family and booked one of your double-bed room left. When we arrived at 7 P.M on 12th September, our room was not ready and we had to wait in the car for a couple of hours.
When we entered our room, we found that there was only one bedroom. I had to sleep on the sofa.
The next morning, I went to the receptionist to complain. The receptionist talked wildly and informed us that there were no double-bed room free. So, I decided to leave your hotel and booked into a nearby hotel.
I am so dissatisfied with your hotel’s service and I would like a full refund. I look forward to hearing from you soon
Itulah dua contoh surat resmi bahasa inggris beserta artinya yang dapat kami sajikan untuk Anda yang membutuhkan referensi tentang contoh surat resmi dalam bahasa Inggris. Semoga bermanfaat.September 19, 2016Susi Susanti, M.Pd
Joko Susanto
17 Tanjungkarang
Lampung, 34165
Hotel Garuda
195 Telukbetung Selatan
Telukbetung, 14657
Kepada Ibu Susanti,
Saya menulis surat ini untuk mengeluh tentang layanan yang saya terima dari hotel Anda, Garuda Hotel.
Minggu lalu saya mengunjungi Garuda Hotel dengan keluarga saya dan memesan salah satu kamar dengan 2 tempat tidur yang masih tersisa. Ketika kami tiba di 7 malam pada tanggal 12 September, kamar kami belum siap dan kami harus menunggu di dalam mobil selama beberapa jam.
Ketika kita masuk ke kamar, kami menemukan bahwa hanya ada satu kamar tidur. Aku harus tidur di sofa.
Keesokan paginya, aku pergi ke resepsionis untuk mengeluh. Resepsionis berbicara dengan tidak sopan dan memberitahu kami bahwa tidak ada kamar tidur dengan 2 kasur yang kosong. Jadi, saya memutuskan untuk meninggalkan hotel dan memesan ke sebuah hotel terdekat.
Saya sangat tidak puas dengan layanan hotel Anda dan saya ingin pengembalian dana penuh. Saya berharap untuk mendengar jawaban dari Anda segera.
Hormat saya,
[tanda tangan]
Joko Susanto