Cara Menggunakan Apple MacBook / Mac OS X Bagi Pemula

macbook

Apple Macbook, ialah laptop nan diciptakan agar sederhana dalam penggunaannya dan juga amat nyaman tuk digunakan oleh penggunanya. Apple Macbook dapat dikatakan menjadi tantangan besar serta ketakutan bagi Windows user pada umumnya.  Sistem serta tampilannya nan asing mampu membuat orang behenti mencoba menggunakan mesin ini.
Mac OS X sebetulnya gak terlalu sulit seperti nan pernah Anda banankan. Laptop Macbook itu sebenarnya aman, indah dan juga sederhana. Bagi Anda, nan baru membeli new Macbook, baik Macbook Air, Macbook Pro, Anda dapat melihat beberapa tips di bawah ini tuk memudahkan Anda mengenali laptop baru Anda. Dijamin, Anda juga akan dapat menyadari bahwa sebenarnya penggunaan Mac gak berbeda jauh dengan Windows. cuma sistem operasinya saja nan berbeda.

Mengenal Tampilan Kerja Macbook / Mac OS X
Ada beberapa hal nan akan dijelaskan mengenai tampilan di lingkungan kerja laptop Macbook, yakni :
  • Menu Bar. Menu Bar ialah indikator nan menunjukkan aplikasi-aplikasi nan sedang digunakan atau aktif.  Selain itu, di dekatnya juga ada beberapa pilihan menu nan lazimnya juga tersedia pada Windows. Tetapi, bedanya di Mac, semua selalu ada pada Menu Bar.
  • Ikon Menu Bar. Ikon menu bar dapat dikategorikan seperti tray pada Windows. Sudah banyak pengembang nan menawarkan aplikasi pada Anda beberapa pilihan application control menggunakan menu bar..
  • Dock. Dock yakni daerah tempat aplikasi nan sedang digunakan/aktif berada. Aplikasi nan sedang berjalan/dijalankan masuk Dock. Indikator bercahaya nan ada di bawah ikon aplikasi menunjukkan apabila aplikasi nan bersangkutan sedang aktif. Dock dapat dikatakan sama seperti Taskbar pada sistem operasi Windows.
  • Spotlight. Spotlight akan membantu Anda dalam menemukan files, menjalankan aplikasi, mengakses konfigurasi pada Mac dan juga kegiatan lainnya. Keunggulan Mac tampak pada Spotlight, di mana tersedia fitur search disana. Anda dapat menggunakan Spotlight dengan menekan cmd+space atau juga dapat mengklik lensa zoom in/out nan ada di pojok atas.
Masih ada banyak lagi fitur nan ada pada Apple Macbook. Coba telusuri sendiri secara step by step agar lebih memahaminya. Ada banyak cara tuk menerapkan penggunaan Mac.

Cara Mengoperasikan Mac

Setiap orang punyai gayanya sendiri. Ungkapan itu juga berlaku bagi Mac user. Tetapi lazimnya Macbook user menggunakan Spotlight tuk me-launching aplikasi maupun mencari files nan diinginkan.
tuk menjalankan aplikasi, Anda cukup mengklik aplikasi nan Anda tuju. tuk lokasi dari aplikasi Macbook Anda akan selalu tersimpan di Finder: Application. Anda dapat menjalankan Finder dan tekan cmd+shift+a, dan cara ini tentu lebih sederhana. Cara lain nan dapat digunakan tuk menjalankan aplikasi yakni dengan menggunakan Spotlight dan ketik nama aplikasi nan akan Anda jalankan.

saat ada aplikasi crash atau not responding seperti nan terjadi pada Windows, Anda dapat mengatasinya dengan mengklik tombol (x) nan ada pada titlebar. Pada Apple Macbook, Anda diharuskan memilih aplikasi nan bersangkutan pada menu bar lalu pilih quit, atau Anda juga dapat mengklik tombol cmd+q pada aplikasi nan Anda gunakan tadi.  
tuk menginstall aplikasi dapat dengan memindahkannya ke folder Application nan telah disebutkan sebelumnya. gak berlaku setup maupun install seperti pada Windows. Native application lazimnya cuma cukup dipindahkan saja. Tetapi ada juga beberapa aplikasi nan menggunakan installer.  

tuk menguninstall aplikasi bisa dilakukan dengan mudah, yakni menghapus aplikasi nan hendak Anda hilangkan dari folder aplikasi. Tetapi langkah tersebut akan meninggalkan beberapa konfigurasi atau dukungan aplikasi nan tak terhapus. tuk mengatasi masalah tersebut, sebaiknya Anda menggunakan aplikasi pendukung seperti AppCleaner.
Demikianlah garis besar mengenai apa-apa saja nan sebaiknya Anda, new user, tuk lakukan pada Laptop Macbook.